News
Loading...

Angkernya Pulau 'Kematian'


BloggerIndonesia.net - Tentu anda mengenal Nusakambangan. Tempat yang dikenal sebagai penjara bagi narapidana kelas kakap di Indonesia ini berasa paling selatan di Cilacap, Jawa Tengah. Tempat yang pernah menjadi lokasi eksekusi mati narapidana ini memiliki sejarah yang begitu panjang dan terkenal angker.

Benteng Karang Bolong, tempat yang menjadi salah satu misteri tersembunyi. Berada di wilayah timur Pulau Nusakambangan. Lokasinya tidak jauh dari pantai Pasir Putih Nusamkambangan.

Hanya membutuhkan waktu 30 menit anda dari Pantai Teluk Penyu, Cilacap untuk sampai ke benteng ini. Biasanya, anda harus menyebrangi pantai menggunakan perahu nelayan dan singgah di pasir putih. Dilanjut berjalan kaki sekitar 15 di hutan terjal agar dapat sampai pada Benteng Karang Bolong.
Merasakan Suasana Angker di Pulau 'Kematian'
Benteng ini dibangun oleh bangsa portugis. Namun, pemerintah kolonialisme Belanda akhirnya menguasainya. Luas benteng ini sekitar 6.000 meter persegi. Berfungsi sebagai basis pertahanan saat peperangan dahulu. Dari Benteng Karang Bolong ini dapat diawasi jalur pelayaran di Samudera Indonesia dan jalur masuk ke Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap.
Pohon-pohon besar berdiri pada sekitar benteng, membuat kesan mistis yang begitu kental. Struktur benteng terbuat dari bata. Terdiri atas empat lantai, yaitu dua lantai berada di atas permukaan tanah, dua lantai lagi berada di bawah permukaan tanah.
Benteng ini juga memiliki sejumlah ruangan, seperti barak prajurit, ruang tahanan, ruangan logistik juga dilegkapi dengan pagar tembok keliling, bastion dengan landasan meriamnya, bangunan pengintai dengan lobang-lobang penembakan, gudang amunisi serta bangunan perlindungan.

Tempat yang kini menjadi tempat wisata ini masih kokoh berdiri, meskipun usianya sudah sangat tua. Kesan 'wingit' atau angker masih saja lekat di pulau yang dikenal sebagai lembah 'kematian' ini. Sejumlah tokoh dari berbagai wilayah di Indonesia kerap bersemedi ditempat ini. 
Namun, dibalik keangkeran tempat ini tidak mengalahkan keindahan yang terkandung dalam tempat ini. Pemandangan ditempat ini begitu asri. Air terjun alami mengalir disamping kiri pantai dengan aliran air gunung yang begitu segar. Tentunya, mata anda akan termanjakan dan tidak akan menyesal untuk datang ke tempat ini.


MENJADI ANGGOTA RESMI
Bergabunglah menjadi Anggota Resmi Komunitas Blogger Indonesia...
Ikuti prosedurnya klik : Daftar Menjadi Anggota Resmi Komunitas Blogger Indonesia
Share on Google Plus

Tentang Komunitas Blogger Indonesia

Komunitas Blogger Indonesia adalah Sebuah Komunitas Para Blogger dari Seluruh Indonesia yang didirikan oleh Rey Arifin dari RIZALmedia. Baca selengkapnya : Profil Komunitas Blogger Indonesia. Ikuti prosedur pendaftarannya : Daftar Menjadi Anggota Resmi Komunitas Blogger Indonesia
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Poskan Komentar