News
Loading...

Jalatunda, Sumur Pengabul Keinginan


BloggerIndonesia.net - Jalatunda adalah nama sumur yang berada di kawasan pegunungan tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Sumur besar ini terbentuk alami melalui aktifitas vulkanik gunung beberapa tahun silam. Lubang yang terdapat pada sumur ini, terbentuk secara alami karena letusan dahsyat gunung berapi. Sumur Jalatunda adalah tempat wisata yang patut anda kunjungi. Tempat ini menyimpan berjuta keindahan alamnya. 
Jalatunda, Berwisata ke Sumur Pengabul Keinginan
Sumur ini banyak menyimpan mitos. Salah satunya, sumur ini dipercaya sebagai sumur pengabul keinginanSyaratnya, pengunjung harus melempar batu sembari mengucap keinginan.
Jalatunda berasal dari kata 'Jala' dan 'Tunda'. Artinya, siapa saja yang mempunyai hajat atau angan-angan, jangan pernah untuk menunda kesempatan di lain waktu. Mitos tentang penamaan sumur ini pun menjadi populer dalam sebuah cerita rakyat.
Barang siapa yang dapat melempar batu hingga ke ujung dinding sumur, maka cita-cita dan harapannya akan tercapai. Meskipun, ini tergantung dengan sugesti masing-masing individu yang memercayainya. Namun, banyak orang yang memercayai tentang mitos sumur pengabul keinginan ini.
Sumur ini berada pada ketinggian sekitar 2.000 mdpl. Letaknya di kawasan Dieng paling barat. Dari Wonosobo, anda dapat menemukan Sumur JalaTunda dalam perjalanan sekitar 45 menit. Sumur ini berada di kawasan Dieng zona 2. Di kawasan ini juga terdapat destinasi wisata Kawah Sileri, Bukit Cemeti, Kawah Candradimuka dan Telaga Dringo.


MENJADI ANGGOTA RESMI
Bergabunglah menjadi Anggota Resmi Komunitas Blogger Indonesia...
Ikuti prosedurnya klik : Daftar Menjadi Anggota Resmi Komunitas Blogger Indonesia
Share on Google Plus

Tentang Komunitas Blogger Indonesia

Komunitas Blogger Indonesia adalah Sebuah Komunitas Para Blogger dari Seluruh Indonesia yang didirikan oleh Rey Arifin dari RIZALmedia. Baca selengkapnya : Profil Komunitas Blogger Indonesia. Ikuti prosedur pendaftarannya : Daftar Menjadi Anggota Resmi Komunitas Blogger Indonesia
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Poskan Komentar