News
Loading...

Keunikan Suku Toraja


BloggerIndonesia.net - Indonesia adalah Negara yang memiliki berbagai suku. Salah satunya adalah Suku Toraja. Suku Toraja adalah suku yang menetap di pegunungan bagian utara di Sulawesi Selatan, Indonesia. Diperkirakan saat ini populasinya sekitar 1 juta jiwa dengan sekitar 500.000 diantaranya tinggal di Kabupaten Tana Toraja, Kabupaten Toraja Utara dan Kabupaten Mamasa.  Suku ini dikenal sebagai suku yang memiliki berbagai keunikan.

Berikut beberapa keunikan yang dimiliki Suku Toraja :
1.  Ritual Pemakaman 

Dalam upacara memakamkan seseorang menjadi sebuah acara adat yang membutuhkan biaya yang mahal. Upacara ini dapat menunjukkan status sosial seseorang. Semakin kaya, maka upacara pemakamannya akan semakin besar dan mewah. Jika keluarga yang ditinggalkan dari keluarga sederhana, maka ia harus mengumpulkan uang terlebih dahulu untuk melaksanakan upacara pemakaman.

Penyembelihan kerbau dan babi juga mewarnai upacara pemakaman pada kebudayaan Tana Toraja. Dalam upacara pemakaman masyarakat Tana Toraja, mayat akan disemayamkan dengan tiga cara, yaitu peti berisi mayat disimpan didalam gua, dimakamkan dibatu berukir atau digantung begitu saja ditepian tebing-tebing batu.

2.  Rumah Adat

Tongkonan adalah nama dari rumah tradisional khas kebudayaan Tana Suku Toraja. Berasal dari bahasa Toraja, tongkon, yang artinya 'duduk'. Rumah ini merupakan pusat pemerintahan, kekuasaan adat, dan perkembangan kehidupan suku budaya Tana Toraja.

Ada tiga jenis rumah Tongkonan. Pertama, Tongkonan Layuk merupakan tempat kekuasaan tertinggi yang digunakan sebagai pusat pemerintahan. Kedua, Tongkonan Pekamberan merupakan milik anggota keluarga yang memiliki wewenang tertentu dalam adat dan tradisi lokal. Terakhir, Tongkonan Batu khusus anggota keluarga biasa.

3.  Tempat Wisata di Tana Toraja

Rantepao adalah lokasi wisata yang sering dikunjungi di Tana Toraja. Terletak sekitar 328 km dari Makassar. Pemandangan ini sangat indah dengan dataran tinggi yang cukup luas. Tidak jauh dari kota Rantepao, terdapat dua lokasi pemakaman suku Toraja yang terkenal, yaitu Ke'te Kesu dan Londa.

Ke'te Kesu dan Londa adalah tempat pekuburan alam purba berdinding batu, berupa gua.Gua-gua di Ke'te Kasu dan Londa kedalamannya bisa mencapai 1000 m. Pekuburan alam purba ini dilengkapi benteng pertahanan yang bernama Tarangenge, yang terletak di atas punggung gua. Pemandangan spektakuler tersebut semakin menambah kaya kebudayaan Tana Toraja.

Gua tersebut penuh dengan tulang dan tengkorak para leluhur dantau-tau. Tau-tau ini merupakan pertanda bahwa telah sekian banyak putra-putra Toraja terbaik yang dimakamkan melalui upacara adat tertinggi di wilayah Tana Toraja. Bagaimanapun bentuknya, kebudayaan Tana Toraja tetap menjadi salah satu kebanggaan Indonesia yang harus dilestarikan.


nya Kebudayaan Tana Torajaikan.



MENJADI ANGGOTA RESMI
Bergabunglah menjadi Anggota Resmi Komunitas Blogger Indonesia...
Ikuti prosedurnya klik : Daftar Menjadi Anggota Resmi Komunitas Blogger Indonesia
Share on Google Plus

Tentang Komunitas Blogger Indonesia

Komunitas Blogger Indonesia adalah Sebuah Komunitas Para Blogger dari Seluruh Indonesia yang didirikan oleh Rey Arifin dari RIZALmedia. Baca selengkapnya : Profil Komunitas Blogger Indonesia. Ikuti prosedur pendaftarannya : Daftar Menjadi Anggota Resmi Komunitas Blogger Indonesia
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Poskan Komentar