BREAKING NEWS
Loading...
Komunitas Blogger Indonesia

Sebuah komunitas yang mewadahi para blogger dari seluruh Indonesia.

"Kegiatan Positif"

Komunitas ini diisi oleh berbagai kegiatan positif dalam menjelang era digital 4.0.

Pelatihan

Kami sering mengadakan berbagai pelatihan-pelatihan, baik tatap muka maupun via online.

Pemberdayaan

Bagi Anggota yang berbakat dan aktif dalam komunikasi antar anggota akan mendapatkan pemberdayaan khusus.

Semuanya Belajar

Semua anggota dan pendiri terdiri dari kita yang masih dan akan terus belajar dari sesama.

Semangat Nasionalisme

Komunitas Blogger Indonesia memiliki misi memberdayakan SDM dan mempromosikan SDA yang ada di Indonesia.

Anggota Banyak

Anggota Resmi yang telah mendaftar merata dari ujung ke ujung pulau di Indonesia.

Menjalin kekerabatan

Menjalin kekerabatan sambil belajar antar Anggota di seluruh Indonesia.

Kabar Kami

Dunia Blogger

Tips Blogging

Tutorial Blogging

Anggota Resmi

Info Indonesia

Fakta


BloggerIndonesia.net - Indonesia adalah Negara yang memiliki berbagai suku. Salah satunya adalah Suku Toraja. Suku Toraja adalah suku yang menetap di pegunungan bagian utara di Sulawesi Selatan, Indonesia. Diperkirakan saat ini populasinya sekitar 1 juta jiwa dengan sekitar 500.000 diantaranya tinggal di Kabupaten Tana Toraja, Kabupaten Toraja Utara dan Kabupaten Mamasa.  Suku ini dikenal sebagai suku yang memiliki berbagai keunikan.

Berikut beberapa keunikan yang dimiliki Suku Toraja :

1.  Ritual Pemakaman 

Dalam upacara memakamkan seseorang menjadi sebuah acara adat yang membutuhkan biaya yang mahal. Upacara ini dapat menunjukkan status sosial seseorang. Semakin kaya, maka upacara pemakamannya akan semakin besar dan mewah. Jika keluarga yang ditinggalkan dari keluarga sederhana, maka ia harus mengumpulkan uang terlebih dahulu untuk melaksanakan upacara pemakaman.

Penyembelihan kerbau dan babi juga mewarnai upacara pemakaman pada kebudayaan Tana Toraja. Dalam upacara pemakaman masyarakat Tana Toraja, mayat akan disemayamkan dengan tiga cara, yaitu peti berisi mayat disimpan didalam gua, dimakamkan dibatu berukir atau digantung begitu saja ditepian tebing-tebing batu.

2.  Rumah Adat

Tongkonan adalah nama dari rumah tradisional khas kebudayaan Tana Suku Toraja. Berasal dari bahasa Toraja, tongkon, yang artinya 'duduk'. Rumah ini merupakan pusat pemerintahan, kekuasaan adat, dan perkembangan kehidupan suku budaya Tana Toraja.

Ada tiga jenis rumah Tongkonan. Pertama, Tongkonan Layuk merupakan tempat kekuasaan tertinggi yang digunakan sebagai pusat pemerintahan. Kedua, Tongkonan Pekamberan merupakan milik anggota keluarga yang memiliki wewenang tertentu dalam adat dan tradisi lokal. Terakhir, Tongkonan Batu khusus anggota keluarga biasa.

3.  Tempat Wisata di Tana Toraja

Rantepao adalah lokasi wisata yang sering dikunjungi di Tana Toraja. Terletak sekitar 328 km dari Makassar. Pemandangan ini sangat indah dengan dataran tinggi yang cukup luas. Tidak jauh dari kota Rantepao, terdapat dua lokasi pemakaman suku Toraja yang terkenal, yaitu Ke'te Kesu dan Londa.

Ke'te Kesu dan Londa adalah tempat pekuburan alam purba berdinding batu, berupa gua.Gua-gua di Ke'te Kasu dan Londa kedalamannya bisa mencapai 1000 m. Pekuburan alam purba ini dilengkapi benteng pertahanan yang bernama Tarangenge, yang terletak di atas punggung gua. Pemandangan spektakuler tersebut semakin menambah kaya kebudayaan Tana Toraja.

Gua tersebut penuh dengan tulang dan tengkorak para leluhur dantau-tau. Tau-tau ini merupakan pertanda bahwa telah sekian banyak putra-putra Toraja terbaik yang dimakamkan melalui upacara adat tertinggi di wilayah Tana Toraja. Bagaimanapun bentuknya, kebudayaan Tana Toraja tetap menjadi salah satu kebanggaan Indonesia yang harus dilestarikan.


nya Kebudayaan Tana Torajaikan.

Saatnya Berbagi :
Share on WhatsApp
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Komentar Facebook :

Komentar dengan Akun Google :

Tidak ada komentar:


Top