1 Juli 2015

Sidoarjo, Surganya Kerupuk


BloggerIndonesia.net - Kerupuk merupakan makanan ringan yang pada umumnya terbuat dari adonan tepung tapioka di campur bahan perasa seperti udang atau ikan. Kerupuk di buat dengan mengukus adonan sampai matang, kemudian di potong tipis-tipis, di keringkan di bawah sinar matahari sampai kering lalu di goreng dengan minyak goreng yang banyak. Namun, kerupuk tidak selalu berbahan dasar tepung tapioka.


Kerupuk bertekstur garing dan sering di jadikan pelengkap untuk berbagai makanan indonesia seperti nasi goreng dan gado-gado. Contoh kerupuk yang terdapat di indonesia yaitu kerupung udang, ikan, kulit, kedelai, mi kuning, kemplang, bangka. Kerupuk biasanya di jual di dalam kemasan yang belum di goreng.

Kerupuk ikan dari jenis yang sulit mengembang ketika di goreng biasanya di jual dalam bentuk sudah di goreng. Dalam menggorengnya pun harus sebanyak dua kali. Kerupuk perlu di goreng lebih dulu dengan minyak goreng dengan bersuhu rendah sebelum di pindahkan ke dalam wajan berisi minyak goreng panas.

Kerupuk juga bisa di jadikan cemilan dan itu di sukai orang Indonesia. Apapun makanannya, tidak lengkap jika tak ada kerupuk. Di indonesia, Sidoarjo merupakan sentra kerupuk. Beragam jenis kerupuk ada di kota ini. Usaha dan pusat penjualan kerupuk juga tersebar, tetapi sentra kerupuk ini ada di kawasan Jalan Hangtuah dan Jalan Singsingamaraja.

Beragam jenis dan rasa kerupuk lengkap di kawasan ini. Tinggal menyesuaikan selera dan harga. Pembeli pun dapat memilih secara bebas, bisa eceran ataupun dalam jumlah yang banyak. Uniknya, kerupuk ada yang di goreng menggunakan pasir atau kerupuk upil dengan rasa terasi dan bawang dan kerupuk yang di goreng menggunakan minyak goreng seperti umumnya.


MENJADI ANGGOTA RESMI
Bergabunglah menjadi Anggota Resmi Komunitas Blogger Indonesia...
Klik : Daftar Menjadi Anggota Resmi Komunitas Blogger Indonesia

Komunitas Blogger Indonesia adalah Sebuah Komunitas Para Pengguna Blog dari Seluruh Indonesia yang didirikan pada tanggal 27 Mei 2011 oleh Rey Arifin (Arizal Firmansyah). Daftar Menjadi Anggota Resmi klik di sini.

1 komentar so far

iya, saya pernah ke Sidoarjo, di tempat sepupu saya di daerah Tulangan Sidoarjo, Disana sentra kerupuk udang, bawang


EmoticonEmoticon