News
Loading...

Yuk, Menghirup Udara Segar di Kebun Teh Sidamanik!


BloggerIndonesia.netMenyusuri kebun teh di Pematang Siantar, kini menjadi wisata yang tidak boleh terlewatkan. Berada di perbukitan, kebun teh yang berada di Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun ini menawarkan jelajah alam dengan pemandangan perbukitan kebun teh nan indah. Perkebunan ini terdiri dari tiga wilayah perkebunan, yaitu perkebunan Bah Butong, Perkebunan Sidamanik, dan Perkebunan Tobasari.


Kebun teh ini memiliki pemandangan bukit yang indah. Biasanya bagi yang hobi photo menjadi tempat yang sangat menarik untuk dapat menyalurkan hobinya. Sepanjang menyusuri kebun, wisatawan juga akan menikmati aroma teh yang harum dan segar. Udara yang sejuk dan suasana hening yang tentram.

Kebun teh ini jauh dari pemukiman, angkutan umum dan keramaian, jadi bagi wisatawan yang jenuh dengan rutinitas kota, Kebun Teh Siantar adalah destinasi yang tepat. Hamparan hijaunya kebun-kebun teh tersebut memang begitu menarik perhatian siapapun yang melintas di sekitar jalur, sehingga tak jarang pengendara yang melintasi jalur tersebut pasti terlebih dahulu menyempatkan singgah untuk menikmati panorama ataupun sekedar berfoto-foto.

Wisatawan bukan hanya datang dari warga sekitar Sumatera Utara tapi juga luar kota. Bahkan tidak sedikit, wisatawan yang awalnya akan ke Danau Toba, berhenti sejenak di Sidamanik untuk mampir sejenak. Karena kini masyarakat antusias untuk datang melihat langsung keindahan pemandangan kebun teh.

KebunTeh Sidamanik ini adalah areal perkebunan teh terluas di Pulau Sumatera, bahkan kebun teh ini sendiri telah ada sejak masa pemerintahan kolonial Belanda di Indonesia. Perkebunan teh ini terletak di tanah yang memiliki kontur berbukit-bukit dengan batas-batas areal tertentu yang sengaja dikosongkan untuk memudahkan petani memetik dan wisatawan pun dapat dengan mudah menelusuri areal perkebunan tersebut.

Para petani tersebut telah tiba di areal perkebunan sejak pagi hari, sekitar pukul 10.00 dan memetik teh hingga sore hari pada pukul 17.00. Bagi wisatawan yang tertarik ke kawasan ini bisa mengendarai sepeda motor untuk menyusuri kebun teh hingga ke area yang lebih pelosok. Atau bisa juga dengan bus dan mobil pribadi, tapi berhenti di depan jalan raya, yang kemudian berjalan kaki menyusuri kebun teh. Jika berangkat dari kota Medan, wisatawan melalui kota Pematang Siantar selama 2 hingga 3 jam. Jarak dari kota ini ke Sidamanik berkisar 16 km atau hanya sekitar 1 jam. Wisatawan wajib membawa kamera untuk dokumentasi, dan air minum yang cukup. Karena sekitar kebun, jauh dari pemukiman atau warung.


MENJADI ANGGOTA RESMI
Bergabunglah menjadi Anggota Resmi Komunitas Blogger Indonesia...
Ikuti prosedurnya klik : Daftar Menjadi Anggota Resmi Komunitas Blogger Indonesia
Share on Google Plus

Tentang Komunitas Blogger Indonesia

Komunitas Blogger Indonesia adalah Sebuah Komunitas Para Blogger dari Seluruh Indonesia yang didirikan oleh Rey Arifin dari RIZALmedia. Baca selengkapnya : Profil Komunitas Blogger Indonesia. Ikuti prosedur pendaftarannya : Daftar Menjadi Anggota Resmi Komunitas Blogger Indonesia
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar :

  1. Mau Main Poker Atau Domino Online????
    Dapat duit dengan ajak teman main???

    Hanya di untungpoker.com

    Untuk info lebih jelasnya silahkan hubungi kami di:
    Ym: cs1_untungpoker@yahoo.com

    Pin bb: 29C6A22A
    Sms: +66616157958

    Terima Kasih

    BalasHapus