23 April 2015

Uniknya Pernikahan Adat Batak



BloggerIndonesia.netSuku Batak merupakan salah satu suku bangsa di Indonesia. Nama ini merupakan sebuah tema kolektif untuk mengidentifikasikan beberapa suku bangsa yang bermukim dan berasal dari Tapanuli dan Sumatera Timur, di Sumatera Utara. Suku bangsa yang dikategorikan sebagai Batak adalah: Batak Toba, Batak Karo, Batak Pakpak, Batak Simalungun, Batak Angola, dan Batak MandailingSaat ini pada umumnya orang Batak menganut agama Kristen Protestan, Kristen Khatolik, dan Islam Sunni. Tetapi ada pula yang menganut kepercayaan tadisional yakni: tradisi Malim dan juga menganut kepercayaan animisme (disebut Sipelebegu atau Parbegu), walaupun kini jumlah penganut kedua ajaran ini sudah semakin berkurang.


Mangarisika, adalah kunjungan utusan pria yang tidak resmi ke tempat wanita dalam rangka penjajakan. Jika pintu terbuka untuk mengadakan peminangan maka pihak orang tua pria memberikan tanda mau (tanda holong dan pihak wanita memberi tanda mata). Jenis barang-barang pemberian untuk pernikahan adat batak dapat berupa kain, cincin emas, dan lain-lain. Marhori-hori Dinding/marhusip, pembicaraan antara kedua belah pihak yang melamar dan yang dilamar, terbatas dalam hubungan kerabat terdekat dan belum diketahui oleh umum. Marhata Sinamot, pihak kerabat mempelai pria (dalam jumlah yang terbatas) datang kepada kerabat mempelai wanita untuk melakukan marhata sinamot, membicarakan masalah uang jujur (tuhor)

Pudun Sauta, Pihak pihak kerabat pria tanpa hula-hula mengantarkan wadah sumpit berisi nasi dan lauk pauknya (ternak yang sudah disembelih) yang diterima oleh pihak parboru dan setelah makan bersama dilanjutkan dengan pembagian Jambar Juhut (daging) kepada anggota kerabat. Martumpol (baca : martuppol), Penanda-tanganan persetujuan pernikahan adat oleh orang tua kedua belah pihak atas rencana perkawinan anak-anak mereka dihadapan pejabat gereja. Martonggo Raja atau Maria Raja, Adalah suatu kegiatan pra pernikahan adat yang bersifat seremonial yang mutlak diselenggarakan oleh penyelenggara pernikahan adat. Manjalo Pasu-pasu Parbagason (Pemberkatan Pernikahan), Pengesahan pernikahan adat kedua mempelai menurut tatacara gereja (pemberkatan pernikahan oleh pejabat gereja)Pesta Unjuk, Suatu acara perayaan yang bersifat sukacita atas pernikahan adat putra dan putri. 

Mangihut di ampang (dialap jual), Yaitu mempelai wanita dibawa ke tempat mempelai pria yang dielu-elukan kerabat pria dengan mengiringi jual berisi makanan bertutup ulos yang disediakan oleh pihak kerabat pria. Ditaruhon Jual, Jika pesta untuk pernikahan itu dilakukan di rumah mempelai pria, maka mempelai wanita dibolehkan pulang ke tempat orang tuanya untuk kemudian diantar lagi oleh para namborunya ke tempat namborunya. Dalam hal ini paranak wajib memberikan upa manaru (upah mengantar), sedang dalam dialap jual upa manaru tidak dikenal. Paranak makan bersama di tempat kediaman si Pria (Daulat ni si Panganon), Setibanya pengantin wanita beserta rombongan di rumah pengantin pria, maka diadakanlah acara makan bersama dengan seluruh undangan yang masih berkenan ikut ke rumah pengantin pria, Makanan yang dimakan adalah makanan yang dibawa oleh pihak parboru.

Manjahea, Setelah beberapa lama pengantin pria dan wanita menjalani hidup berumah tangga (kalau pria tersebut bukan anak bungsu), maka ia akan dipajae, yaitu dipisah rumah (tempat tinggal) dan mata pencarian. Maningkir Tangga (baca : manikkir tangga), Beberapa lama setelah pengantin pria dan wanita berumah tangga terutama setelah berdiri sendiri (rumah dan mata pencariannya telah dipisah dari orang tua si laki-laki) maka datanglah berkunjung parboru kepada paranak dengan maksud maningkir tangga (yang dimaksud dengan tangga disini adalah rumah tangga pengantin baru). Dalam kunjungan ini parboru juga membawa makanan (nasi dan lauk pauk, dengke sitio tio dan dengke simundur-mundur). Dengan selesainya kunjungan maningkir tangga ini maka selesailah rangkaian pernikahan adat na gok.


MENJADI ANGGOTA RESMI
Bergabunglah menjadi Anggota Resmi Komunitas Blogger Indonesia...
Klik : Daftar Menjadi Anggota Resmi Komunitas Blogger Indonesia

Komunitas Blogger Indonesia adalah Sebuah Komunitas Para Pengguna Blog dari Seluruh Indonesia yang didirikan pada tanggal 27 Mei 2011 oleh Arizal Firmansyah. Daftar Menjadi Anggota Resmi klik di sini.


EmoticonEmoticon

Profil Komunitas Blogger Indonesia

Komunitas Blogger Indonesia adalah Sebuah Komunitas Para Pengguna Blog dari Seluruh Indonesia yang didirikan pada tanggal 27 Mei 2011 oleh Arizal Firmansyah, Seorang Blogger dari Kepanjen, Malang, Jawa Timur, yang juga Pendiri dan Pengelola RIZALmedia.

Selain saling belajar blogging, internet marketing, dan wawasan seputar internet, Komunitas Blogger Indonesia juga memiliki misi Nasionalis untuk ikut mempromosikan Budaya dan Tradisi Lokal Bangsa, baca program kegiatan kita, klik : Program Kegiatan Komunitas Blogger Indonesia

MENDAFTAR
Bergabunglah menjadi Anggota Resmi Komunitas Blogger Indonesia...
Ikuti prosedurnya klik : Daftar Menjadi Anggota Resmi Komunitas Blogger Indonesia

DONASI
Bagi Anda yang ingin memberikan Donasi kepada kami untuk proses perjuangan kami,
silahkan hubungi kami di kontak kami, klik di sini...

SPONSORSHIP

A. Anda Mensponsori Kegiatan Kami
Bagi Anda yang ingin bekerjasama dengan kami untuk proses publikasi dan promosi di berbagai kegiatan kami, silahkan hubungi kami di kontak kami, klik di sini...

B. Kami Mensponsori Kegiatan Anda
Kami juga siap mendukung berbagai kegiatan Anda yang memiliki Misi Nasionalis sebagai sponsor, silahkan hubungi kami di kontak kami, klik di sini...



Bagi Anggota yang ingin memesan Seragam Komunitas Blogger Indonesia seperti ini seharga Rp 100.000 untuk anggota baru / Rp 75.000 untuk anggota yang telah terdaftar, hubungi : HP / WA : 085 1090 69 001