22 April 2015

Upacara Tabuik di Indonesia



BloggerIndonesia.net - Indonesia tidak hanya kaya akan sumber daya alam (SDA), tetapi Indonesia mempunya berbagai tradisi atau adat yang sangat unik yang tak dimiliki oleh negara lain. Tak bisa kita pungkiri negara tercinta kita ini sungguh indah. Salah satu upacara tradisi di Indonesia adalah Tabuik.


Tabuik berasal dari bahasa Arab yaitu kata 'tabut' yang artinya mengarak atau arak-arakan. Tradisi ini dilakukan oleh masyarakat pantai barat, Sumatera Barat secara turun temurun. Upacar ini hanya dilakukan di bulan syura atau hari asyura. Konon upacara ini sebagai peringatan perang Karbala. Perang yang dianut Syiah dari Timur Tengah ke Pariaman.

Upacara ini sebagai simbol rasa berduka yang mendalam dan hormat kepada Nabi Muhammad SAW. Dua minggu sebelum melakukan upacara tabuik, para warga mempersiapkan segalanya dengan matang. Termasuk melakukan puasa.

Disamping itu warga pariaman akan disibukan dengan membuat aneka panganan seperti kue-kue khas dan tabuik. Setelah semuanya siap, pukul 06.00 pagi para warga membawa kelengkapan upacara ke alun-alun kota. Tak ketinggalan, Pejabat di Sumatera Barat pun ikut menghadiri upacara ini.

Tabuik juga disematkan untuk nama benda yang menjadi komponen penting dalam ritual ini. Tabuik berjumlah dua buah yang terdiri dari bambu serta kayu. Bentuknya berupa binatang berbadan kuda, berkepala manusia dan bersayap. Di punggung tabuik terdapat tonggak yang tingginya 15 meter. Tabuik akan dihiasi warna merah dan warna lainnya akan di arakkan.

Pemikul tabuik berjumlah 40 orang. Rombongan orang berbusana tradisional sambil mengiringi dengan aneka gendang. Namun, sesekali arakan berhenti dan puluhan orang memainkan silat minang. Keika menjelang sore arak-arakkan akan selesai dan tabuik akan dibuang ke laut. Mereka percaya hal tersebut akan membuang sial.


MENJADI ANGGOTA RESMI
Bergabunglah menjadi Anggota Resmi Komunitas Blogger Indonesia...
Klik : Daftar Menjadi Anggota Resmi Komunitas Blogger Indonesia

Komunitas Blogger Indonesia adalah Sebuah Komunitas Para Pengguna Blog dari Seluruh Indonesia yang didirikan pada tanggal 27 Mei 2011 oleh Arizal Firmansyah. Daftar Menjadi Anggota Resmi klik di sini.


EmoticonEmoticon

Profil Komunitas Blogger Indonesia

Komunitas Blogger Indonesia adalah Sebuah Komunitas Para Pengguna Blog dari Seluruh Indonesia yang didirikan pada tanggal 27 Mei 2011 oleh Arizal Firmansyah, Seorang Blogger dari Kepanjen, Malang, Jawa Timur, yang juga Pendiri dan Pengelola RIZALmedia.

Selain saling belajar blogging, internet marketing, dan wawasan seputar internet, Komunitas Blogger Indonesia juga memiliki misi Nasionalis untuk ikut mempromosikan Budaya dan Tradisi Lokal Bangsa, baca program kegiatan kita, klik : Program Kegiatan Komunitas Blogger Indonesia

MENDAFTAR
Bergabunglah menjadi Anggota Resmi Komunitas Blogger Indonesia...
Ikuti prosedurnya klik : Daftar Menjadi Anggota Resmi Komunitas Blogger Indonesia

DONASI
Bagi Anda yang ingin memberikan Donasi kepada kami untuk proses perjuangan kami,
silahkan hubungi kami di kontak kami, klik di sini...

SPONSORSHIP

A. Anda Mensponsori Kegiatan Kami
Bagi Anda yang ingin bekerjasama dengan kami untuk proses publikasi dan promosi di berbagai kegiatan kami, silahkan hubungi kami di kontak kami, klik di sini...

B. Kami Mensponsori Kegiatan Anda
Kami juga siap mendukung berbagai kegiatan Anda yang memiliki Misi Nasionalis sebagai sponsor, silahkan hubungi kami di kontak kami, klik di sini...



Bagi Anggota yang ingin memesan Seragam Komunitas Blogger Indonesia seperti ini seharga Rp 100.000 untuk anggota baru / Rp 75.000 untuk anggota yang telah terdaftar, hubungi : HP / WA : 085 1090 69 001