BREAKING NEWS
Loading...
Komunitas Blogger Indonesia

Sebuah komunitas yang mewadahi para blogger dari seluruh Indonesia.

"Kegiatan Positif"

Komunitas ini diisi oleh berbagai kegiatan positif dalam menjelang era digital 4.0.

Pelatihan

Kami sering mengadakan berbagai pelatihan-pelatihan, baik tatap muka maupun via online.

Pemberdayaan

Bagi Anggota yang berbakat dan aktif dalam komunikasi antar anggota akan mendapatkan pemberdayaan khusus.

Semuanya Belajar

Semua anggota dan pendiri terdiri dari kita yang masih dan akan terus belajar dari sesama.

Semangat Nasionalisme

Komunitas Blogger Indonesia memiliki misi memberdayakan SDM dan mempromosikan SDA yang ada di Indonesia.

Anggota Banyak

Anggota Resmi yang telah mendaftar merata dari ujung ke ujung pulau di Indonesia.

Menjalin kekerabatan

Menjalin kekerabatan sambil belajar antar Anggota di seluruh Indonesia.

Kabar Kami

Tips Blogging

Tutorial Blogging

Anggota Resmi

Info Indonesia

Fakta


BloggerIndonesia.net - Memilih reksa dana yang tepat memang menjadi pekerjaan yang tidak mudah bagi Anda, apalagi yang masih pemula. Mungkin Anda belum menemukan siapa yang bisa membimbing Anda dalam menjalankan proses investasi instrumen keuangan ini. Belum lagi ketika Anda dihadapkan dengan pertanyaan sedang menjalankan investasi reksa dana saham atau jenis lain? Pasti Anda akan langsung merasa bingung nantinya.

Setiap dari investor pastinya mengharapkan jenis investasi reksa dana yang paling sesuai dengan harapan mereka. Namun, pernahkah Anda bertanya bagaimana caranya, agar Anda bisa memilih jenis reksa dana yang memang tepat dengan kemampuan Anda. Sebenarnya, semua jenis reksa dana yang ada di Indonesia dan luar negeri memiliki keunggulan dan kelebihan tersendiri.

Maka, pada paparan di bawah ini akan coba dijelaskan apa saja sebenarnya langkah paling tepat yang bisa Anda coba untuk memilih reksa dana yang tepat. Untuk itu, ada baiknya Anda membaca informasi ini dari beberapa sumber lain. Kenapa? Karena jika Anda hanya berpatokan pada satu atau dua sumber saja, mungkin pemahaman yang Anda dapatkan tidak maksimal dalam memilih reksa dana.

Panduan Yang Tepat Dalam Memilih Jenis Reksa Dana
Dalam memilih reksa dana yang tepat dan jenis investasi lainnya, Anda membutuhkan yang namanya pemahaman untuk bias memahami panduan yang tepat. Pertama, Anda mungkin membutuhkan yang namnaya saran dan masukan dari berbagai kalangan. Mulai dari internet, kerabat yang pernah melakukan investasi reksa dana, bisa juga kerabat yang baru Anda kenal dari media sosial.

Selanjutnya, Anda harus tahu berapa besaran budget yang ingin anak milenial investasikan untuk reksa dana ini. Karena, dengan begitu akan lebih mudah untuk Anda dalam memilih perusahaan mana untuk reksa dana nantinya. Ada banyak sekali perusahaan yang bisa Anda pilih, mulai dari penawaran perusahaan yang berbasis konvensional dan juga syariah.

Untuk pemilihan jenis basis perusahaan ini Anda bisa sesuaikan dengan prinsip diri sendiri, jika tidak ingin risiko maka bisa memilih jenis perusahaan syariah. Untuk langkah selanjutnya dalam memilih reksa dana yang tepat Anda bisa mencobanya, dengan menentukan berapa lama Anda ingin melakukan investasi.

Misalnya, Anda ingin melakukan investasi dalam jangka waktu yang panjang, maka jangan pernah Anda menjual saham yang sudah Anda beli. Sumpah pemuda harus selalu Anda ingat dan jangan sampai saham yang Anda miliki habis. Karena dari saham yang Anda miliki itulah yang akan memberikan hasil lebih banyak.

Mengenal Jenis Reksa Dana Tradisional
Setelah mungkin Anda mengenal instrumen keuangan yang ada di reksa dana, langkah selanjutnya Anda bisa memahami jenis reksa dana tradisional. Sebagai pemahaman awal, apakah Anda tahu apa yang membedakan beberapa reksa dana yang akan dijelaskan berikut ini? Jawabannya ialah ada, semuanya itu tergantung dari perusahaan atau provider masing-masing.

Pertama, yaitu reksa dana pasar uang ajaib dimana dananya dikelola di instrument pasar uang (money market). Untuk jenis instrumen yang ada di reksa dana ini bisa berupa surat utang, deposito, tabungan yang jangka waktunya itu kurang dari satu tahun. Jenis reksa dana yang satu ini merupakan satu-satunya reksa dana dengan tingkat potensi risiko paling rendah.

Kedua, ada reksa dana pendapatan tetap yang mana Anda harus menginvestasikan minimal sebesar 80% dari surat utang (obligasi). Untuk saianya Anda bisa menginvestasikan di pasar uang, karena reksa dana jenis ini memiliki potensi risiko yang lebih sedikit. Untuk jenis reksa dana ini, Anda bisa memilih reksa dana yang tepat jika ingin melakukan investasi dalam jangka waktu satu hinga tiga tahun saja.

Saatnya Berbagi :
Share on WhatsApp
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Komentar Facebook :

Komentar dengan Akun Google :

Tidak ada komentar:


Top