News
Loading...

Keren! Tempat Wisata di Banda Aceh


BloggerIndonesia.netHari raya idul fitri menjadi hari besar bagi umat muslim. Seusai sebulan penuh berpuasa, umat muslim di berbagai belahan dunia pun merayakan hari kemenangan dengan penuh sukacita. Nah! Libur lebaran yang biasanya lumayan panjang tentu sayang jika dilewatkan begitu saja. Ada banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Jika Anda warga Kota Banda Aceh atau yang ingin mengisi libur lebaran di ibukota provinsi Aceh, berikut lokasi wisata yang diserbu warga.




1. Pantai Lampuuk dan Babah Dua Beach
Jika anda penyuka olahraga pantai, maka Lampuuk adalah jawabannya. Terletak dalam garis pantai yang sama dengan Babah Dua Beach. Lampuuk adalah tempat liburan favorit keluarga. Di sini anda bisa berenang, berselancar, atau naik banana boat mengitari garis pantai.

Cukup merogoh kocek Rp 25 ribu per orang, anda sudah bisa mengitari garis pantai Lampuuk. Untuk yang belum jago berenang, tersedia ban untuk orang dewasa dan juga anak-anak dengan tarif sewa Rp 15.000. Sementara untuk tiket masuk cukup merogoh kocek Rp 3.000 rupiah per orang. Sedangkan tarif parkir dikenakan Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 3.000 untuk roda empat.

Sementara Babah Dua Beach adalah spot yang tepat untuk menikmati sunset atau pun sunrise. Tempat ini kerab menjadi pilihan pelancong dengan keberadaan bungalow yang menempel di sisi tebing yang terletak di ketinggian sekitar 5 meter. Penginapan bertarif mulai Rp 250.000 tersebut menyediakan restoran dengan menu western menjadikan Babah Dau Beach favorit turis asing.

Selain itu panoramanya yang memukau juga menjadikan tempat ini sebagai pilihan favotir bagi pasangan untuk menjadikannya setting foto pre wedding. Babah Dua Beach menjanjikan keindahan sekaligus privasi. Terletak sekitar 15 Km dari jantung kota, tak membuat pengunjung sepi mengalir ke tempat ini.
Anda cukup membayar uang retribusi parkir seharga Rp 2.000 untuk roda 2 dan Rp 5.000 untuk roda 4. Bagi warga yang sekedar berpelesir, puluhan pondok yang menyemut menjadi tempat rehat. Sementara bagi pelancong dari luar daerah atau luar negeri, bungalow bisa menjadi pilihan.

2. Pantai Lhoknga
Kawasan yang terletak di lintas Jalan Nasional Banda Aceh– Meulaboh itu menyuguhkan panorama bukit dan pantai dalam satu landscape. Di sini kita bisa merasakan pengalaman melewati jalan berkelok dan menanjak. Meskipun terletak hingga 17 Km dari pusat Kota Banda Aceh, namun tak perlu khawatir karena jalanan di sini sudah mulus teraspal.

Rata-rata mereka menawarkan sajian andalan yaitu ikan bakar. Di sini kita bisa memilih sendiri ukuran dan jenis ikan yang ditawarkan: kerapu, kakap, dan sebangsanya. Semuanya dalam kondisi masih segar. Sementara untuk harga, fresh food itu dihargai Rp 100 ribu per Kg. Porsi yang cocok untuk disantap secara beramai-ramai.

Aceh memiliki kekayaan destinasi wisata bahari yang mempesona. Provinsi yang terletak di ujung barat pulau Sumatera ini menyimpan eksotisme pantai khas negeri maritim. Salah satunya adalah pantai Pasir Putih yang terletak di Lhok Mee, Aceh Besar.

Pantai dengan pasirnya yang putih dan airnya yang sejernih cermin ini terlihat mempesona dengan keberadaan pohon-pohon beranting yang menancap di bibir pantai. Panorama yang disuguhkan memburatkan suasana romantis. Tak heran kalau lantas Pantai pasir Putih dijadikan sebagai lokasi favorit untuk foto pre wedding. Pantai ini berjarak 35 Km dari kota Banda Aceh. Untuk menuju kemari membutuhkan waktu sekitar 1 jam berkendaraan.

4. Taman Rusa
Tempat ini bisa dijadikan alternatif sebagai tempat rekreasi bersama teman atau keluarga di akhir pekan. Resmi dibuka Juni 2012 lalu, ternyata telah banyak mengundang pengunjung untuk datang kesini. Taman Rusa terletak di Desa Lamtanjong, Sibreh, Aceh Besar, kurang lebih 20 menit perjalanan dari Banda Aceh ke arah Jantho.

Berdiri di atas lahan seluas 3 hektare, ada beberapa wahana yang bisa dinikmati seperti seperti kolam renang, kolam bebek, kolam pancing, flying fox, area bersepeda. Anda juga bisa berkeliling taman dengan menggunakanan odong-odong yang didesain lucu. Untuk masuk ke wisata ini cukup bayar uang masuk Rp 10.000 per orang.

Taman Rusa Dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti ruang berganti pakaian, cafe, musalla, dan toilet. Selain wahana permainan, sesuai namanya di Taman Rusa terdapat kebun binatang mini. Berbagai jenis hewan ada di sini mulai dari ular, landak, burung hantu, Burung kakak tua dan yang pasti ada rusanya. Ada sekitar 7 ekor rusa di sini, yang membuat heran, rusa-rusa di sini besar-besar. Penasaran kan.

5. Wahana Impian Malaka (WIM) 69
Nah! Yang terakhir disebutkan merupakan destinasi wisata kekinian yang terletak di Desa Lam Ara Tunong Kecamatan Kuta Malaka Kabupaten Aceh Besar. Kabupaten Aceh Besar berbatasan langsung dengan ibukota provinsi Aceh dan berjarak sekitar 30 Km dari pusat kota. Wahana air ini dibuka pada pertengahan 2014 lalu dan pada hari biasa pun selalu dibanjiri pengunjung.

Tempat ini menempati areal yang terbilang lebih luas dibandingkan wahana air lainnya di kota itu. Kehadiran objek wisata milik seorang pengusaha muda ini menjadi alternatif pilihan wisata di akhir pekan bagi warga Kota Banda Aceh dan masyarakat kabupaten/kota lainnya. Selain waterboom juga ada restoran yang menyediakan makanan khas Aceh Besar.

MENJADI ANGGOTA RESMI
Bergabunglah menjadi Anggota Resmi Komunitas Blogger Indonesia...
Ikuti prosedurnya klik : Daftar Menjadi Anggota Resmi Komunitas Blogger Indonesia
Share on Google Plus

Tentang Komunitas Blogger Indonesia

Komunitas Blogger Indonesia adalah Sebuah Komunitas Para Blogger dari Seluruh Indonesia yang didirikan oleh Rey Arifin dari RIZALmedia. Baca selengkapnya : Profil Komunitas Blogger Indonesia. Ikuti prosedur pendaftarannya : Daftar Menjadi Anggota Resmi Komunitas Blogger Indonesia
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Poskan Komentar