BREAKING NEWS
Loading...
Komunitas Blogger Indonesia

Sebuah komunitas yang mewadahi para blogger dari seluruh Indonesia.

"Kegiatan Positif"

Komunitas ini diisi oleh berbagai kegiatan positif dalam menjelang era digital 4.0.

Pelatihan

Kami sering mengadakan berbagai pelatihan-pelatihan, baik tatap muka maupun via online.

Pemberdayaan

Bagi Anggota yang berbakat dan aktif dalam komunikasi antar anggota akan mendapatkan pemberdayaan khusus.

Semuanya Belajar

Semua anggota dan pendiri terdiri dari kita yang masih dan akan terus belajar dari sesama.

Semangat Nasionalisme

Komunitas Blogger Indonesia memiliki misi memberdayakan SDM dan mempromosikan SDA yang ada di Indonesia.

Anggota Banyak

Anggota Resmi yang telah mendaftar merata dari ujung ke ujung pulau di Indonesia.

Menjalin kekerabatan

Menjalin kekerabatan sambil belajar antar Anggota di seluruh Indonesia.

Kabar Kami

Tips Blogging

Tutorial Blogging

Anggota Resmi

Info Indonesia

Fakta


BloggerIndonesia.net - Jaman prasejarah, sebelum orang mengetahui tentang api, mereka tidak tahu bagaimana untuk memasak agar masakan mereka matang. Dimulai dari coba-coba menggunakan batu yang sengaja saling bergesekan ternyata mengeluarkan percikan api. Sunnguh lama memang dan butuh kesabaran. Namun, selain itu masih saja batu dijadikan kepercayaan. Bakar batu lebih tepatnya.


Salah satu budaya yang sampai saat ini masih terjaga dan dijalani masyarakat adat papua adalah bakar batu. Tradisi ini memiliki kesan tersendiri bagi warga papua. Banyak makna yang terkandung dalam acara bakar batu antara lain sebagai wujud rasa syukur terhadap limpahan berkah, rejeki, acara pernikahan, penyambutan tamu besar.

Pesta ini juga diadakan sebagai upacara kematian dan merupakan ritual tradisi. Bukan hanya itu saja, pesta bakar batu ini sebagai simbol perdamaian setelah perang antar suku. Dalam acara ini akan terlihat bagaimana hubungan solidaritas dan kebersamaan diantara warga papua. Selain itu, tradisi ini sebagai ungkapan untuk saling memaafkan antar warga.

Istilah yang paling umum digunakan untuk Tradisi Bakar Batu disebut Barapen. Dalam pelaksanaannya, pesta bakar batu diawali dengan mencari kayu bakar dan batu oleh kaum pria. Selanjutnta kayu bakar dan batu ditata dan disusun dengan urutan-urutan batu mulai dari yang terbesar. Kemudian dibakar sampai panas, 

Setiap suku menyerahkan babi dan secara bergiliran kepala suku memanah babi tersebut. Para wanitanya menyiapkan bumbu-bumbu untuk memasak hewan ini beserta dengan umbi dan sayuran. Kemudian menunggu sekitar 60-90 menit sampai daging babi matang. Setelah semuanya siap, para warga akan berkerumun mengelilingi makanan tersebut. Dalam hal ini, kepala sukulah yang mendapat jatah pertama baru diikuti oleh semua orang baik, wanita, pria, orang tua, dan anak-anak.

Saatnya Berbagi :
Share on WhatsApp
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Komentar Facebook :

Komentar dengan Akun Google :

Tidak ada komentar:


Top