BREAKING NEWS
Loading...
Komunitas Blogger Indonesia

Sebuah komunitas yang mewadahi para blogger dari seluruh Indonesia.

"Kegiatan Positif"

Komunitas ini diisi oleh berbagai kegiatan positif dalam menjelang era digital 4.0.

Pelatihan

Kami sering mengadakan berbagai pelatihan-pelatihan, baik tatap muka maupun via online.

Pemberdayaan

Bagi Anggota yang berbakat dan aktif dalam komunikasi antar anggota akan mendapatkan pemberdayaan khusus.

Semuanya Belajar

Semua anggota dan pendiri terdiri dari kita yang masih dan akan terus belajar dari sesama.

Semangat Nasionalisme

Komunitas Blogger Indonesia memiliki misi memberdayakan SDM dan mempromosikan SDA yang ada di Indonesia.

Anggota Banyak

Anggota Resmi yang telah mendaftar merata dari ujung ke ujung pulau di Indonesia.

Menjalin kekerabatan

Menjalin kekerabatan sambil belajar antar Anggota di seluruh Indonesia.

Kabar Kami

Tips Blogging

Tutorial Blogging

Anggota Resmi

Info Indonesia

Fakta


BloggerIndonesia.netWisata ke Samosir tidak lengkap rasanya kalau tidak ke Pusat Perbelanjaan Tomok di Desa Tomok Samosir atau Pasar Siallagan. Di tempat ini, para wisatawan dapat memborong cindramata khas Batak. Pasar Tomok dan Pasar Siallagan yang berada di Pulau Samosir ini adalah kawasan wisata yang paling ramai dikunjungi wisatawan jika ke Danau Toba.


Begitu kapal wisatawan menepi, maka pengunjung disambut dengan keramaian khas daerah wisata. Kios-kios berjejer menawarkan cinderamata bertuliskan Lake Toba. Pakaian dengan gambar Danau Toba, aksesoris gelang kayu dan batu, serta dekorasi khas Batak juga lengkap tersedia di sana.

Ada pula cendramata yang menjadi khas suku Batak yakni gantungan kayu ukiran rumah adat Batak, dan ukiran cicak kayu. Abean, pedagang di kawasan Tomok, menuturkan, Pasar Tomok bukan hanya menawarkan souvenir berupa baju, aneka dan gelang pernak-pernik pajangan. Tapi juga cendramata khas Batak seperti ukiran cicak dari kayu dan ukiran rumah adat khas Batak dan kalender Batak serta ulos untuk mengangkat budaya Batak.

Pajangan cicak merupakan simbol keberadaan masyarakat Batak yang bisa berbaur dimana saja dengan kondisi apa saja seperti halnya binatang cicak. Menurutnya, ada juga cendramata yang tak kalah menarik perhatian dan cuman ada di suku Batak, yaitu kalender khas Batak. Kalender Batak terbuat dari kayu, yang terdiri dari 12 bilah panjang yang menunjukkan bulan.

Di kalender tersebut semua bulan punya 30 hari dan tidak dilambangkan dengan angka. Untuk menunjukkan hari tidak tertera tanggal, tapi lebih ke simbol-simbol seperti garis panjang, buah-buahan, garis melintang. Kalender Batak itu dulunya sering digunakan untuk melihat hari baik bagi penentuan acara-acara besar.

Saatnya Berbagi :
Share on WhatsApp
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Komentar Facebook :

Komentar dengan Akun Google :

Tidak ada komentar:


Top